Rabu, 15 Agustus 2012

Enam Reruntuhan Jadi Objek Wisata Tersohor Jum'at, 13 Januari 2012 - 08:10 wib wib Mutya Hanifah - Okezone

Petra, Jordan (Foto: sv.wikipedia.org)
Petra, Jordan (Foto: sv.wikipedia.org)
MISTERI peradaban berjuta-juta tahun lalu masih membuat penasaran banyak orang. Peradaban-peradaban ini hanya meninggalkan reruntuhan megah yang membuat takjub siapapun yang melihatnya.

Reruntuhan bekas peradaban kuno ini kerap menjadi obyek wisata yang dikunjungi jutaan orang setiap tahunnya. Apa sajakah itu? Simak ulasannya berikut ini, seperti dikutip Smartertravel:

Machu Picchu, Peru

Reruntuhan ini terhitung baru karena ditemukan hampir seabad lalu sebagai harta karun terpendam Suku Inca di Pegunungan Andes. Dalam bahasa Quechua, Machu Picchu berarti "Kota Inca yang hilang".

Reruntuhan ini merupakan simbol kerajaan Suku Inca yang paling terkenal, dibangun pada 1450. Namun, seratus tahun kemudian ketika bangsa Spanyol berhasil menaklukkan suku Inca, kota megah ini ditinggalkan begitu saja. Situs ini kembali ditemukan arkeolog dari Universitas Yale Hiram Bingham III yang menemukannya kembali pada 1911. Sejak itu, Machu Picchu menjadi objek wisata menarik bagi turis lokal maupun asing.

Acropolis, Yunani

Akropolis adalah tempat peninggalan sejarah yang tersebar di penjuru Yunani. Yang paling terkenal dari acropolis ini adalah Akropolis Athena, yang terletak di sebuah tebing berpuncak datar dengan ketinggian 150 meter di atas permukaan laut kota Athena.

Di akropolis ini terdapat peninggalan-peninggalan sejarah yang penting bagi peradaban Yunani seperti Parthenon, Patung-patung dewa-dewi Yunani, dan kuil-kuilnya. total bangunan peninggalan arkeologi yang ada di Akropolis Athena ini adalah 21 bangunan.

Angkor Wat, Kamboja

Angkor Wat adalah sebuah candi peninggalan dari abad ke-12 yang terletak di kota Angkor, Kamboja. reruntuhan candi ini disebut-sebut sebagai bangunan relijius terbesar di dunia. Candi Angkor Wat ini tersembunyi selama beberapa abad di hutan lebat. Kini candi ini telah masuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO dan juga ramai dikunjungi wisatawan dunia. Apalagi, candi ini pernah menjadi lokasi syuting film aksi yang dibintangi Angelina Jolie, Tomb Raider.

Piramida Giza , Mesir

Hingga kini, para ilmuwan dan arkeolog masih belum dapat menjawab pertanyaan besar mengenai bagaimana 2 juta buah batu disusun secara sempurna membentuk piramida-poramida raksasa. Di antara piramida-piramida di Mesir, Piramida Giza adalah yang paling membuat takjub.

Piramida Giza adalah piramida tertua dan terbesar, yang merupakan makan firaun Khufu. Diperkirakan piramida ini dibangun selama lebih dari 20 tahun, sejak tahun 2560 Sebelum Masehi. Piramida ini merupakan bagian utama dari kompleks bangunan makam yang terdiri dari dua kuil untuk menghormati Khufu.

Petra, Jordan

Reruntuhan ini adalah salah satu reruntuhan paling cantik di dunia. Petra merupakan reruntuhan kota tua yang dibangun dan dipahat di tebing-tebing batu pasir yang berwarna merah muda. Di dalam reruntuhan ini terdapat banyak kuil, altar, dan bahkan teater yang dapat menampung 4000 orang. Menurut sejarah, Petra adalah ibukota kerajaan Nabatean yang didirikan sembilan tahun Sebelum Masehi. Kota ini diklain sebagai kota yang sulit untuk ditembus musuh dan aman dari bencana alam seperti badai pasir.

Tembok Besar China

Bagaikan naga, tembok besar China ini memanjang di negeri ini sejauh 7242 kilometer, dan dibangun untuk melindungi China dari serangan bangsa lain. Tembok ini dibangun selama 2 abad oleh banyak dinasti. Sebagian bagian dari tembok ini telah hilang dimakan waktu, namun beberapa bagiannya telah direstorasi. Tembok besar ini bahkan memanjang ke laut di Kota Qinhuangdao, menyimbolkan naga yang sedang meminum air. Tembok besar China sejak dahulu menjadi ikon paling populer negara ini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar